bad..bad..very bad

Waktu sedang hebohnya video seorang ibu yang menyiksa anak, temen saya berkomentar bahwa hukuman yang pantas untuknya adalah penjara. Lalu saya berpikir, apakah penjara selalu menjadi solusi dari kejahatan? Apakah setelah seseorang keluar dari penjara, dia akan menjadi orang yang tahu norma sosial dan bisa berperilaku baik?

Selama saya menimba ilmu, saya belajar bahwa orang jahat tidak selamanya jahat. Maksudnya adalah ada berbagai faktor yang mempengaruhi kenapa mereka berperilaku ‘jahat’, dan bukan tidak mungkin mereka sendiri tidak mau dan tidak tahu kalau mereka berbuat jahat. Misalnya saja ada orang-orang yang dari lahir memiliki susunan otak yang berbeda dari manusia pada umumnya. Konsekuensinya, mereka bisa melakukan hal-hal yang kita pikir mungkin tidak akan dilakukan orang-orang pada umumnya. Faktor lain adalah dari lingkungan, misalnya dari lahir dia sudah hidup di lingkungan yang rusak (seperti keluarga pencuri), mereka tidak tahu cara lain untuk bertahan hidup selain mencuri. Mereka tidak belajar bahwa perbuatan mencuri adalah salah.

Nah, untuk orang-orang tipe ini, apakah penjara akan menyelesaikan masalah? Bukankah intervensi dan penanganan medis lebih baik untuk mereka? Jika memang tujuannya untuk membuat mereka lebih baik..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s