Unique lesson

Bukan kami yang menyembuhkan mereka, tetapi merekalah yang menyembuhkan kami

Kalimat tersebut berasal dari seorang dokter saat ia diminta beropini tentang anak-anak special needs. Dang! Sukses menohok saya sampai ke dalam. Beberapa bulan ini, saya terjun langsung menangani kasus dan bertatap muka dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Mungkin, sebelumnya saya pun sudah mendapat berkali-kali kesempatan untuk bertemu anak-anak serupa mereka, tetapi kali ini rasanya berbeda. Bertemu dengan orang yang memiiki kesadaran untuk datang sendiri ke klinik dan menaruh secercah harapan pada saya dan teman-teman. Ada bermacam-macam orang tua, yang ingin anaknya menjadi lebih baik, yang ingin memastikan anak mereka baik-baik saja, atau yang memakai anak mereka untuk menyelesaikan persoalan pribadi atau pasangan. Unik dan seru rasanya. Tiap hari rasanya seperti membuka kotak coklat Forest Gump ‘you’ll never know what you get’.

Berbagai perasaan dan pemikiran baru terus menerus pop up di otak saya, sampai rasa-rasanya saya tidak tahu apakah saya masih sanggup untuk menampung lagi. Satu hal yang saya sadari dengan amat kuat adalah : mereka dikirim Tuhan untuk mengajari saya banyak hal. Setiap pertemuan yang saya alami dengan setiap klien adalah suatu proses pengenalan lebih dalam…. tentang diri saya sendiri.

Ya, kita sebagai manusia bertemu dengan beratus-ratus bahkan beribu-ribu orang dalam hidup kita. Ada orang yang hanya bertemu beberapa menit saja, berkenalan untuk membunuh bosan saat mengantri antrian di bank, dan tidak pernah bertemu lagi sampai akhir hayat. Ada juga yang bertemu berkali-kali, dan akhirnya berjodoh sebagai teman ataupun pasangan. Mereka, yang dikirim Tuhan, untuk menjalin pertemuan dengan kita, sebentar atau lama, memiliki misi tersirat. Mengajarkan kita berbagai hal tentang kehidupan, baik pahit maupun manis.

Tidaklah kalian sadar?

Jadi mulai sekarang, kenapa kita tidak sekedar tersenyum saat bertemu dengan stranger di pinggir jalan. Setiap orang adalah guru bagi setiap orang, I think.

Tinggalkan Balasan

