ethic, please?

20120115-001903.jpg

image taken from here

Waktu itu saya makan di Sate House, Menteng. Restoran tersebut memang menyediakan area smoking dan non smoking. Saat itu, saya dan keluarga memilih meja di area smoking, mengingat ayah saya yang perokok berat. Di meja belakang saya, ada orang lain yang juga merokok dan karena ia membelakangi saya, asapnya pun tepat mengenai muka saya dan adik saya yang masih berumur 5 tahun. Kontan, saya pun langsung meminta orang tersebut untuk memindahkan posisi rokoknya agar tidak mengenai saya dan adik saya. Memindahkan loh, bukan mematikan. Dan..tanpa diduga reaksinya adalah marah-marah. Tepatnya sih mengomel, jadi saya tidak tahu apa yang tepatnya ia bicarakan. Dan tidak dilakukan juga. Jadilah orang tua saya meminta saya mengalah, dan saya pun pindah tempat duduk.
**

Berbicara tentang hak, setiap orang dibekali haknya masing-masing, dan boleh untuk memakainya sesuka hati. Namun, ketika hak tersebut menyinggung hak orang lain, akan jadi perkara yang lain. Entah akhirnya hak kita yang akhirnya dikorbankan, hak orang lain yang dikorban, atau sama-sama mengorbankan sedikit haknya agar kedua belah pihak sama-sama puas. Sebagai contoh, sudah merupakan hak kita untuk mendapatkan duduk di bis, karena toh, kita sudah membayar. Tapi ketika ada ibu hamil, secara otomatis sebagian besar dari kita akan berdiri dan memberi ibu tersebut tempat duduk. Sangat tidak apa-apa untuk tetap duduk toh memang hak kita, tapi kan untuk situasi tersebut hak siapa yang harus diprioritaskan kan?

Jadi sekarang, kembali lagi ke pribadi masing-masing : siapkah kita untuk mengorbankan hak kita untuk kebahagiaan orang lain?

Tinggalkan Balasan

