Selamat Lebaran ;)

Hari ini adalah hari terakhir puasa

Sayup-sayup gw mendengar takbiran, yang anehnya, selalu bisa membangkitkan euphoria gwa

Dan ketika suara-suara itu berakhir saat sholat Id selesai pun dapat membuat gw pun merasa kangen karena baru bisa mendengar suara itu setahun ke depan

Umm..tradisinya sih , kita bermaaf-maafan, yang bisa dilakukan dengan  berbagai cara

Kalau dulu jamannya gw SMP pake kartu lebaran yang dikirm pake pos, sekarang udah lebih kerenan dikit, ada yang pake SMS, email, atau aplikasi kartu lebaran yang ada di facebook..

Intinya ya.. saling meminta maaf

Gw jadi merenung, apakah permintaan maaf ini adalah permintaan yang tulus dari hati, atau..sekedar tradisi saja, sent to all contact yang ada diphone book kita, sampai kita pun lupa siapa aja yang kita kirimin SMS permintaan maaf

Lebih jauh lagi..

Sebenarnya esensinya apa sih kita minta maaf sama mereka?

..

..

Hal ini gw renungi setelah gw inget sama satu orang

Gw punya masalah sama dia yang,,sampai sekarang (menurut gw) sih belum selesai

Tapi tetep aja loh, kalau misalnya lebaran gini, gw SMS lebaran minta maaf sama dia

Dan dia juga suka bales SMS lebaran gwa

Tapi..setelah lebaran, ya..hubungannya aneh lagi

Nyapa kalau kepepet banget, sok gak kenal

Aneh banget deh menurut gw

Kalau misalnya, emang dengan SMS itu kita sudah saling memaafkan

Kenapa pada prakteknya gak kayak gitu ya?

Gw jadi suka ngerasa percuma banget ya gw ngasih SMS lebaran,kalau itu hanya dimaknai sebagai sebuah ‘tradisi’, bukan dimaknai sebagai sebuah inti ‘kembali suci dan saling memaafkan’?

Memang,meminta maaf adalah sebuah hal yang gak gampang, dimana itu berarti kita menurunkan derajat keegoisan kita dan mengakui bahwa kita manusia biasa yang memiliki banyak salah

Tapi..memberi maaf juga bukanlah hal yang gampang, dimana itu berarti kita bersedia menghapus noda di hati yang terlanjur tertoreh karena seseorang

Dan mungkin, lebaran bukanlah satu moment yang langsung bisa jreng..jreng..menghapus itu semua

Gw tahu hal itu

Tapi..semoga Lebaran bisa menjadi moment yang setidaknya bisa membuat kita merenung dan mencoba untuk menjadi manusia yang kembali ke titik nol

Mencoba untuk meminta maaf dan memaafkan walau itu tidak gampang

At least, we try..

..

Akhir kata, Selamat lebaran semuanya 😉

Semoga kita semua dapat memaknai kemenangan kita masing2 dan kembali ke Fitri..

 

Ps :* dari kemaren mulai banyak yang ngirim SMS lebaran, tapi satu yang gw suka adalah yang dikirim oleh seorang pria kecil berbunyi :

Aku hamim minta maaf tadi cuma mcl tuk mbak devi selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin salam dari nur lestari klisat tuk mbak2-.kkn ui

Gw sangat terharu dan merasa gw dihargai. Ternyata keberadaan gw 2 minggu di Klisat ngasih kesan buat mereka, smapai mereka mau repot2 ngirim SMS buat gw. Ooh,,I miss u all, kiddo 😉

 

Tinggalkan Balasan

