Beritahu aku..

 

Beritahu aku bagaimana caranya seorang anak menjadi penyabar jika setiap hari ia mendengar kemarahan dimana-mana?

 

Beritahu aku bagaimana caranya seorang anak menjadi  penyayang jika setiap hari ia melihat ayah dan  ibunya saling memukul?

 

Beritahu aku bagaimana caranya seorang anak belajar arti kesetiaan jika ia mengetahui ayahnya berpoligami diam-diam?

 

Beritahu aku bagaimana caranya seorang anak dapat menjadi anak yang adil jika setiap kali ia bertengkar dengan saudaranya, ia tidak boleh memberikan pembelaan?

 

Beritahu aku bagaimana caranya seorang anak dapat belajar menjadi berani jika setiap kali ia melakukan kesalahan ia akan diejek oleh orangtuanya?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak dapat menjadi terbuka jika setiap kali ia mendapat nilai jelek, ia akan dimarahi oleh orangtuanya tanpa ditanya penyebabnya?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar kata mencintai jika ia mendengar orangtuanya saling memaki satu sama lain?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak dapat mencintai dirinya sendiri jika setiap kali ia berbuat kesalahan akan diungkit betapa merepotkannya dan tidak berharganya dia?

 

Beritahu aku bagaimana caranya seorang anak dapat belajar menjadi mandiri jika setiap hal diurus orangtuanya dengan alasan ‘kamu belum bisa apa-apa’?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar untuk menghormati istrinya kelak jika ia melihat ayahnya memperlakukan ibunya layaknya seorang pembantu?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar untuk menjadi istri yang patuh pada suaminya kelak jika ia melihat ibunya setiap hari membicarakan keburukan ayahnya?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak dapat bersyukur dengan segala apa yang dimilikinya jika ia melihat orangtuanya mengeluh dengan segala apa yang mereka tidak punya?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar untuk menyayangi saudaranya jika ia melihat orangtuanya bertengkar dengan saudaranya sendiri?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak tidak menjadi bingung jika ia dijuluki 7 kurcaci oleh orangtunya karena sering bertengkar padahal itu semua karena ia selalu melihat ayah dan ibunya bertengkar?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar untuk menghargai barang miliknya jika ia melihat setiap orangtuanya bertengkar selalu melempar barang?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar arti kata memaafkan jika setiap kali orangtua mereka bertengkar selalu tidak ada yang mau mengalah untuk terlebih dahulu meminta maaf?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar arti kata rendah hati jika setiap hari ia mendengar orangtuanya membodoh-bodohi orang yang kurang pintar?

 

Beritahu aku bagaimana seorang anak belajar membuat rumah tangga yang baik jika setiap hari ia mendengar kata ‘cerai’ keluar dari mulut orangtuanya?

 

*terinspirasi setelah mendengar kisah Ajeng, seorang anak yang baru saja meninggal karena fisiknya tidak bisa tumbuh karena setiap hari di-abuse sama ayahnya dan melihat ibunya yang juga disiksa oleh ayahnya. Oh, tidak,,kenapa yah ada aja orangtua yang tega nyakitin anaknya, baik secara fisik maupun mental ? ;(

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s