Indonesia & Pemanasan Global

Ngomongin pemerintah dan masalah lingkungan hidup, saya antara pro dan kontra. Karena ada beberapa kebijakan pemerintah yang membuat saya salut dan rasanya harus mengacungkan jempol, tapiii..ada juga peraturan yang membuat saya geram, dan gak habis pikir bagaimana petinggi-petinggi di pemerintahan sana bisa-bisanya berpikir seperti itu.

 

Salah satu peraturan yang membuat saya geram adalah PP No.2/2008, yaitu peraturan soal pengaturan tarif kompensasi pertambangan di hutan lindung dan hutan produksi, dimana hutan bisa disewakan dengan harga yang sangat murah!! Nyebelin banget gak siih? Ini sih namanya pengerusakan hutan terselubung, bayangin aja harga sewa satu hektarnya, diibaratkan WALHI, sama dengan harga pisang goreng. Pantas saja, dalam satu detik, hutan yang hilang sama dengan enam kali luas ukuran lapangan sepak bola. Ckckck..bisa2 sebentar lagi, hutan kita akan hilang  ;( 

 

Tapi..sebenarnya saya juga bangga dengan berbagai kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah. contohnya saja soal CFC, ingat kan iklan di TV yang ada Artika Sari Devi, yang isinya memberitahu bahwa CFC sudah dilarang di Indonesia (yippie..), ada juga iklan lain yang menyuruh kita menghemat, serta himbauan presiden SBY untuk menghemat energi. Dan yang paling membuat bangga adalah ketika tahun lalu, Bali menjadi tuan rumah konferensi iklim UNFCCC dimana Bapak Rachmat Witoelar menjadi presiden konferensi tersebut. Wuah..senangnya, yang akhirnya menghasilkan Bali Road Map. Ini membuktikan keseriusan Indonesia untuk masalah global warming..

 

Saya berharap nantinya memang bukan hangat2 tahi ayam saja (maksudnya di depan semangat, tapi begitu kebelakang sudah surut semangatnya). Semoga Indonesia memang menjadi negara yang peduli atas isu ini, dan kita sebagai warga negaranya dapat turut andil mengurangi pemanasan global ini. semoga! 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s