Habisin Makananmu ;)

Komitmen tersederhana yang gw buat untuk mengurangi pemanasan global (yang belum gw tulis di postingan sebelumnya) adalah : Makan makanan yang ada di piring gw sampai habis

Kalau dilihat sekilas, gak nyambung banget yahh

Tapi..sebenarnya segala hal yang kita hemat itu bisa turut mengurangi pemanasan global

Hemat disini maksudnya adalah memakai segala sesuatu secara bijak, tidak berlebih2an (boros) maupun tidak kekurang2an (pelit)

Jadi..kalau makan yah..dihabiskan sampai titik darah penghabisan, kalau mandi yah..pakai air secukupnya, kalau TV udah gak ditonton yahh dimatiin (atau kalau udah ngantuk, ya..ditimerlah)

Balik lagi ke makanan..

Sadar gak siiih, sering banget habis makan kita ninggalin piring gak licin tandas?

Nah..mungkin kita mikir ‘yaudahlah, segitu doang’ atau malah udah jadi kebiasaan bagi sebagian orang yang lain

Kalau setiap orang di dunia berpikir seperti ini, menyisakan sebutir dua butir nasi, ada berapa nasi yang terbuang setiap harinya? Mungkin sampai beratus2 kilo kali yaaa? Dan terbuang untuk sesuatu yang percuma juga

Nah..sampah makanan ini pada akhirnya hanya akan menambah tumpukan2 sampah di seluruh dunia saja

Padahal..masalah sampah di Jakarta saja belum bisa dibereskan (ingat peristiwa Bantar Gebang kala itu?)

Nah..ini mesti ditambah dengan sampah yang sebenarnya bisa dihilangkan

Dan..sampah2 ini juga akan meninggalkan jejak, yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan gas ‘efek rumah kaca’

So..apa salah sih menghabiskan makanan yang sudah kita ambil?

Kita mengambilnya dengan kesadaran sendiri, jadi..menghabiskannya pun seharusnya menjadi tanggung jawab dan kesadaran kita sendiri

Jadi..pikirin deh, setiap kita malas untuk ngehabisin makanan di piring kita, tolong pikirin berapa banyak tumpukan sampah yang harus ada di TPA untuk sebuah hal percuma, berapa waktu yang terbuang percuma untuk mendaur ulang sampah makanan kita hanya karena malas, berapa tahun yang dibutuhkan tanah untuk mengurai sampah yang kita buang atas nama ‘gue udah kenyang, jadi gak sanggup makan lagi yang ada di piring ini’, dan seberapa cepat pemanasan global akan naik karena kontribusi kita membuang2 sampah tersebut.

Just think about it!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s