Untuk Global Warming, yang udah gw lakukan..

Seperti mungkin udah banyak orang deket gw tahu,,

Gw concern banget mengenai masalah global warming

So..mulai saat ini gw membuat komitmen2 yang berkaitan dengan hal ini, yaitu:

1.       Kertas tugas yang gw kumpulkan HARUS bolak/ik.

Dengan gw melakukan hal ini akan banyak banget keuntungannya. Yaitu gw akan menghemat pemakaian kertas, karena biasanya kertas kosong yang dibaliknya akan terbuang percuma juga. Selain itu, akan memperingan beban gw. Coba deh, kalau misalnya ngeprint skripsi yang berapa ratus halaman itu (lebay =p), bolak/ik, kita harus nenteng2 beban 2x lipat dari yang seharusnya. Coba kalau kita ngeprint bolak/ik, kita jadi cuma membawa beban setengahnya kan? Dan yang terakhir, dengan ngeprint bolak/ik, gw juga bisa menghemat uang, karena fotokopi di tempat gw dihitung per lembar kertas. Jadi dengan ngeprint bolak/ik, otomatis halaman yang diprint berkurang setengahnya dooonk. Dan..pengeluaran gw juga berkurang setengahnya juga. ^_^

2.     Bawa tempat minum sendiri

Keuntungan yang gw dapet adalah..gw jadi menghemat uang untuk membeli minuman karena udah bawa yang gratisan dari rumah. Selain itu, gw juga terhindar dari yang namanya dehidrasi, karena disebelah gw setiap saat udah ada minum. Sementara sebelumnya gw suka males kalau jalan ke alfamart untuk sekedar beli air putih doank, jadi..gw menunda untuk minum. Terus..udah pasti dong, gw akan mengurangi jumlah sampah plastik. Emang sih kalau cuma 1 orang emang gak signifikan, makanya ayo dong kalian ikutan bawa tempat minum sendiri. Gak perlu takut dikatain kayak anak SD, Toh..kita melakukan ini untuk keuntungan kita dan juga untuk keberlangsungan anak cucu kita. FYI, isu global warming sekarang lagi seksi banget loh. Jadi disana sini pasti lo akan bisa lihat orang2 menenteng botol minum. Mau kan jadi trend setter juga?? Oh ya, kalau bisa juga bawa tempat makan sendiri. At least, kurangin beli makan yang take away, apalagi kalau pembungkusnya sterofoam,    

3.     Jadi vegetarian

Haha..gw tahu..gw tahu. Pasti lo ngerasa gw berlebihan banget ya? Tapii..tenang..gw berkomitmen untuk jadi vegetarian satu hari dalam seminggu saja kok. Lagipula banyak banget lho keuntungan yang bisa didapat, yaitu..gw jadi menghemat uang jajan (yah..seperti kita tahu yang namanya sayur2an tetep aja lebih murah dari daging kan??), lebih tenang, lebih sehat, dan pastinya ikut mengurangi pemanasan global. Humm..lo pasti bingung apa hubungannya antara gw mengganti makan daging jadi sayuran dengan pemanasan global? Jadi..ternyata 18 % dari emisi gas rumah kaca (yang kita tahu menyebabkan pemanasan global) berasal dari industry pertanian. Jadi..yang salah bukannya hewannya, melainkan industri peternakan hewannya. Coba bayangin aja berapa banyak listrik yang diperlukan untuk lampu, mesin2 penjagal, dll? Trus transportasi yang digunakan untuk mengangkut pendukung tersebut (kayak misalnya obat2an) bagi ternak, dan untuk mengangkut hasil ternak tersebut ke distributor? Trus berapa banyak lahan yang diperlukan untuk mendukung industri ternak ini (kayak misalnya lahan untuk menanam makanan hewan2 ternak ini? Dan fakta mengejutkan yang gw baru tahu, ternyata peternakan sapi saja telah menyedot makanan yang cukup untuk 8,7 miliar orang, yang mana lebih banyak dari populasi orang di seluruh dunia).. Jadi kalau semua orang beralih jadi vegetarian, bisa aja gak ada orang2 yang kelaparan di dunia ini ya, karena lahan peternakan untuk menanam makanan untuk sapi diganti untuk memberi makan orang seluruh dunia? Humm.. Terus..saking banyaknya hewan2 ternak ini, udah pasti banyak juga kotoran yang mereka keluarkan. Sebagai gambaran, di AS aja, hewan ternak menghasilkan 39, 5 ton per detik. Nah..sebenarnya kotoran ini bisa dibuat pupuk, tapi..saking banyaknya akhirnya gak sanggup juga untuk ngelola, dan..si produsen2 ini NGEBUANG limbah2 itu begitu aja gituuuu ke sungai. Sial!! (untuk lebih jelasnya bisa klik www.hiduplebihmulia.wordpress.com *siapapun Anda, terimakasih karena telah menyediakan info yang begitu berharga). So, karena banyak banget kerugian yang gw dapet dengan menjadi omnivora, so..sekarang sedikit demi sedikit gw berusaha menjadi vegetarian. Kalau kamu gimana? Mau  ikutan jadi vegetarian gak? Karena ini termasuk salah satu cara paling simple yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi loh, dan juga menyelamatkan kantong kita =p   

4.     Mengurangi sampah plastik

Sekarang gw sebisa mungkin, kalau lagi belanja gak minta kantong plastik. Kayak misalnya cuma beli permen, atau bedak, atau..barang2 yang masih bisa gw simpen di tas. Oh ya, kalau di ATM gw pun juga tidak lagi meminta tanda transaksi. Kalau emang gw mau memastikan uang yang gw ambil itu emang bener (gak ada penipuan karena gw gak minta tanda bukti), ya..sebelum dan setelah gw ambil uang, gw cek saldonya.

 

Selain hal diatas yang sudah gw lakukan, banyak juga lho hal2 yang bisa kita lakukan untuk mengurangi global warming ini, kayak misalnya membeli barang2 yang ramah lingkungan, bahkan sekarang baju2 juga banyak ramah lingkungan lho (Levis yah kalo gak salah udah ngeluarin jeans berbahan ramah lingkungan).

Eh ya, kemaren gw baca cita cinta. Uuuh..bagus banget isinya, Bener2 edukatif dan membuka mata kita bahwa banyak hal yang bisa kita lakuin untuk menjaga lingkungan kita ini. Yang unik nih, misalnya candle night-an di halaman rumah (selain romantic juga menghemat listrik kan?), terus mengurangi pemakaian kondom (tahu kan bahan dasar kondom dari apa? Dan konon kabarnya, sampai sekarang belum ada bahan ramah lingkungan pengganti latex yang bisa menggantikannya untuk pembuatan kondom. Jadi..kalau memang ingin menguranginya, yah..berhubunganlah dengan pasangan resmi Anda) =p

Uumm..banyak banget kan cara yang bisa kita lakuin untuk jadi pencinta lingkungan? Coba buka mata kita, dan hei, jangan2 kita sudah melakukan banyak hal ramah lingkungan yang tidak kita sadarin sebelumnya loh. Oh ya, akhir kata, hemat itu bukan berarti pelit loh. Bukan berarti dengan hemat listrik itu maksudnya kita sama sekali gak ngidupin lampu setiap malem. Tapiii..hemat itu artinya kita bisa bijak memakai barang sesuai keperluan kita. Ok, selamat ber’hijau’ ria.

 

Salam lestari

Iklan

5 thoughts on “Untuk Global Warming, yang udah gw lakukan..

  1. NGGAK SETUJU!!!!!!

    1. Mending lw pake e-mail aja.. berhubung gw udah nggak pernah lagi ngumpulin tugas pake kertas… dikit2 upload.. :p

    2. Kalo emang lw niat jadi “pejuang” lingkungan, mending lw usul gih ke kampus lw tuh biar dibikinin water tap kayak di ITB.. jadi orang nggak usah repot2 bawa minum..

    3. Kayaknya yang ini udah gw jelasin di yang sebelomnya deh.. males ngomentarin lagi.. SKIP..

    4. Seberapa besar sih sampah plastik yang bisa lw bersihin?? dibandingkan polusi yang udah dibuat??

    Intinya sih mah.. lw jangan cuma turun ke jalan aja.. mending lw juga gerak ke atas.. jadi nih bumi ibarat tabungan.. isinya misal 500.. nah lw ngasih 25.. eh diambil 100.. lama2 abis kan?? jadi mending tuh yang suka ngabis2in ozon lw protes dulu.. kalo itu belom bisa lw lakuin jangan ngaku2 jadi “pejuang” lingkungan deh..

    Precioustrash said:
    “terimakasih atas tanggapannya ya, Dip..
    pertama2 yang mau gw katakan
    coba dilihat lagi, judul dari entri ini,
    yaitu yang SAYA lakukan (jadi..pasti disesuaikan dengan kondisi gw juga donk)..
    1. gw rasa mungkin itu memang bisa diterapkan di tempat lo
    Tapi..di tempat gw dosen2nya pun belum terbiasa menggunakan email
    Jadi menge-print bolak/ik untuk saat ini menjadi solusi yang terbaik
    untuk pengumpulan tugas di JURUSAN gw
    2. Ok, usul yang bagus.
    Tapi sementara itu belum ada, kenapa gak kita sebagai individu inisiatif sendiri?
    Bertindak cepat dan bijak itu jauh lebih baik
    daripada kita menunggu sistem yang dirubah
    walaupun dalam skala terkecil (individu)
    4. Kalo pola pikirnya seperti itu, mungkin..masalah lingkungan tidak akan selesai
    setidaknya, gw, dalam skala individu, tidak MENAMBAH sampah yang sudah overlimited di bumi ini
    dan lebih baik lagi, kalau elo juga ikut mengajak semua orang untuk tidak MENAMBAHnya juga
    seperti kata pepatah, ‘kecil2 lama2 menjadi bukit’
    kita mulai dari diri sendiri dulu, lalu mengajak orang lain turut serta
    karena kalau tidak kita yang memulai, lalu siapa lagi??
    persoalan tidak akan selesai, jika tidak ada yang bergerak

    Tolong, definisi dari ‘pejuang’ itu diperjelas lagi??
    Mungkin lo juga harus baca kembali tulisan gw,
    seperti riset yang dilakukan PBB tahun 2006,,
    ternyata penyumbang emisi gas rumah kaca (yang menyebabkan global warming)
    di urutan teratas, 18 % berasal dari sektor peternakan, (yang lebih besar dibanding sektor otomotif, atau yang lainnya)
    Jadi..karena itulah penyumbang terbesar
    maka gw MENGAJAK lo semua untuk menjadi vegetarian
    atau at least, mengurangi makan daging..
    Ok?

  2. duuh… si aqsath
    jangan cuma ngeritik doang dong

    dia kan berusaha, ini masih lebih bagus daripada orang2 yang ga berbuat apa2 sama sekali.

    mau nunggu water tap? berapa lama? sampe water tapnya ada, kebayang kan sampahnya berapa?

    email tugas kuliah, skripsi, dokumen kantor de el el? rawan pelanggaran hak cipta tau! bukti tertulis tuh lebih otentik buat arsip, gitu2 kan bikinnya pake mikir juga? kalo buat copynya aja sih ga papa..

    sampah plastik, masih mending mau dikurangin, daripada ga dikurangin sama sekali?

    terus, gw tidak melihat adanya pernyataan dari precioustrash klo dia pejuang lingkungan. dia cuma bilang pecinta lingkungan. lw sendiri udah melakukan apa?

    bisa email tugas kuliah? itu kan kebijakan sistem kampus lw, bukan lw?
    ada water tap? bukan lw yang bikin kan? kampus lw juga kan? klo lw yang ngusulin sih (dan gw yakin bukan lw yang ngusulin) baru deh lw boleh ngeritik orang
    kalo lw udah bisa mengkritik orang, lw sendiri udah berbuat apa?

    jangan sepelein hal2 sederhana dong, sesuatu yang besar itu selalu dimulai dengan hal2 kecil loh…

    Precioustrash said:
    “Makasih atas pembelaannya, Des..
    Hehe..setujuuuu dengan pernyataan lo 😉
    Mungkin sekarang yang harus dipikirkan adalah
    pengiriman dokumen dengan dunia maya tanpa adanya pelanggaran hak cipta ya?”

  3. klo u peduli, mending u bantu project g, buat animasi interaktif dalam bentuk cd, nanti disebarin ke organisasi lingkungan hidup.. contac g aja.

  4. hmmm… gini2 gw bukannya setuju kalo emang banyak yang lebih peduli sama lingkungan… tapi tadi tuh maksud gw.. jangan sampe apa yang udah kalian lakukan jadi sia2 cuma karena industri itu mengeluarkan lebih banyak polusi dari apa yang udah kalian usahakan untuk dikurang-kurangin… begitu.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s