Penonton TV, Berhati2lah!!

Pernah dengar Secondary trauma stress?

Jadi..itu tuh..stres karena munculnya hubungan emosional antara seseorang dengan orang yang mengalami peristiwa traumatis (meliputi perasaan belas kasih dan keinginan kuat membantu korban).

Nah..setau gw ini bisa menimpa relawan2 atau dokter2 atau..psikolog2..

Tapi..ternyata..gw baru baca satu artikel..

Ini juga bisa menimpa penonton TV lho..

Wah!!

Apalagi orang2 yang sering nonton berita bencana

Hal ini bisa aja lho ngubah perilaku dan suasan hati mereka, kayak jadi gelisah, susah tidur, bahkan jadi fobia.

Dahsyat..dahsyat!!

Tapi emang bener juga lho..

Contohnya kemaren pas gw nonton grey anatomy

Episode itu bercerita tentang seseorang yang naro bom di badannya, dan ketika seorang ahli penjinak bom ngambil bom tersebut, bom itu meledak aja gituuuu..yang artinya si penjinak bom ini juga ikut meninggal bersama ledakan bom tersebut..

Gila!!

Gw kaget banget..sampe teriak2 dan istighfar berkali2 (dan berhenti begitu ngelihat tatapan tajam dari adek gw =p)

Gw gak percaya gitu hal ini bisa terjadi..Padahal setelah dipikir2 lagi, itu kan cuma film!!

Nah..gimana kalo kita dibombardir setiap kali dengan hal2 kayak gini ya??

Humm..mungkin bener juga yah bisa jadi kena secondary trauma stress ini

Contoh lainnya pas jaman2nya tsunami di Aceh waktu itu

Sering banget kan ya ada liputan2 tentang tsunami ini

Rasanya semua stasiun TV nyiarin, dan gak cuma sekali dalam sehari

Gw aja sampe nangis ngelihat salah satu tayangannya

Ckckck..

Aniwei..pesan moralnya adalah

Bagus sih..kalo ketika kita menonton tayangan bencana ini kita jadi empati

Terus tergerak untuk membantu mereka

Tapi yang gak bagus adalah ketika kita ikut2an jadi stress

Bukannya bantuin, malah nyusahin diri sendiri =p

Ya gak siiih??

So..buat yang gak kuat iman =p, jangan sering2lah nonton tayangan semacam ini

 

Sumber :

Kharismawan,Kuriake. 21 Februari 2005. Suara Merdeka : Secondary Traumatic Stress Ancam Pemirsa TV

 

Iklan

One thought on “Penonton TV, Berhati2lah!!

  1. iya tuh dev. gw pernah nonton acara buser yang nampilin proses evakuasi mayat pembunuhan, n jenazah korban hasil multilasi. biarpun di-blur…, tetep aja abis itu gw muntah-muntah :p
    makanya sekarang gw males nonton berita di tv, takut nonton yang begono lagi, hiiiiii….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s