Dibalik Mitos

Inget gak dulu waktu kecil sebelum tidur kita ngapain?

Humm..mungkin ada sebagian dari kita yang dibacain Mitos, cerita rakyat, dongeng atau hal2 semacam itu sama ortunya..

Atau ngederin cerita2 itu di buku pelajaran bahasa Indonesia

Tapi intinya telinga kita pasti akrab dengan Timun Mas, Maling Kundang, Tangkuban Perahu, dan masih banyak lagi,,

Dulu, gw terkagum2 sama cerita itu, berfantasi kalau gw jadi tokoh cerita itu

Tapi semakin gw gede, gw makin sadar kalo cerita itu boong2an dan dibuat berlebay2an

Atau..

Mitos2 yang kita rasa gak masuk akal, kayak ”Jangan duduk depan pintu, nanti jauh dari jodoh” atau ”Makan yang bersih, nanti nasinya nangis”.

Konyol yah??

Tapi..tau gak sebenernya makna dibalik nenek moyang kita cape2 bikin cerita2 macem itu?

Mungkin tanpa kita sadari hal itu sebenernya untuk melindungi kita dan menanamkan hal yang baik dalam diri kita.

Contohnya, orang yang meninggal kan ada tahlilannya 3, 7, 40,dan 100 hari..

Menurut seorang dosen gw, itu untuk membantu orang yang kehilangan agar mampu bertahan dari rasa sedihnya.

Ketika ada tahlilan, akan ada banyak orang yang dateng ke rumahnya.

Dia akan sadar, bahwa banyak orang yang sayang dan peduli sama dia, dan hal itu secara gak langsung akan menjadi copping atas stressnya. Makanya orang Indonesia lebih jarang stress kalau ditinggal orang yang dicintai dibandingkan orang bule (gak tau penelitiannya juga sih.hehehehe..)

Trus..inget gak pas lagi tsunami di Aceh?

Gw pernah baca satu artikel kalo ternyata udah ada pepatah dari jaman bahela..

Kalau misalnya ada air laut tiba-tiba suruuuut..banget, dan kelihatannya enak banget bwat nelayan mencari sesuap nasi disana atau tempat yang PW banget bwat orang-orang bersantai-santai. Wah..jangan salah..lo harusnya malah pergi cepet2 ke tempat yang tinggi. Pepatah itu mungkin diingat, tapi gak diresapi. Makanya banyak orang menjadi korban Tsunami.

Yah..sebenarnya dari mitos2 yang kita pikir ”gak masuk akal banget deh..”. Terkandung berbagai manfaat yang kita gak tau..

Dan sebenarnya itu semua pada akhirnya bisa menyelamatkan kita..

So..lo mau percaya mitos atau gak ya..terserah deeeeh…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s