Beasiswa..

Menurut gw fungsi beasiswa itu ada 2,,

 # membantu orang2 gak mampu

# memberikan reward sama orang2 yang berprestasi

(ada yang mau nambahin atau memprotes??)..

nah..jadi gak heran donk kalo berbagai macem persyaratan dari sebuah beasiswa itu kalo gak dari kalangan orang gak mampu, ya..Ipnya selangit..

Hal yang wajar kata gw mah..

Nah..yang tidak wajar adalah…segelintir orang2 yang menyikapi pemberian beasiswa tersebut..

 

Contoh 1

Ada temen gw nih, dia lagi baca pengumuman soal suatu perusahaan yang ngasih beasiswa kepada para mahasiswa. Dengan semangat menggebu2, dia langsung mau donk.. apalagi dengan uang saku perbulan yang akan diberikan (nambah2 uang jajan,jek)..

Dia pun membaca baris demi baris

Persyaratan 1 lancar..

Nomer 2 mulus..

3..sip,bos..

Tiba2..di no 4 tertulis: BERASAL DARI KELUARGA KURANG MAMPU..

Jelas, dan pastinya tak bisa ditawar lagi..

Ia pun langsung lesu dan seakan2 menyesali, “yah..gw gak bisa memenuhi persyaratan ini.”

Gw yang ada disebelahnya pun hanya bisa geleng2 kepala.

Loh..bukannya seharusnya ia bersyukur ya, dia gak termasuk dalam golongan itu..

Dimana dia gak perlu pusing2 mencari makan keluarganya dengan mengamen di jalan..

Dimana dia gak perlu berada di gerbong kereta api di kala malam tiba hanya untuk mencicipi kenikmatan yang bernama tidur?

Dimana dia gak harus pusing2 memikirkan keluarganya yang harus lari kesana-sini hanya untuk menghindari debt collector yang menagih hutang?

Dan aku pun hanya bisa menggeleng kepala..

Bingung..tak mengerti jalan pikirannya 

Contoh 2

Gw melihat suatu fenomena (dimana ini pun pernah diulas sama koran kampus gw)

Tentang mahasiswa yang sebenarnya berasal dari keluarga mampu

Tapi..dia tetep ikutan daftar beasiswa aja gitu..

Lumayan, bisa nambah2 uang jajan..

Gila!!

Gw bener2 deh gak abis pikir..

Disaat mahasiswa lain (atau malah dia sendiri) berkoar2 tentang korupsi

Eh..dia sendiri pun sebenarnya melakukan korupsi terselubung

Yang mana..dia menggunakan uang yang bukan haknya.

One thought on “Beasiswa..

  1. I found your site on technorati and read a few of your other posts. Keep up the good work. I just added your RSS feed to my Google News Reader. Looking forward to reading more from you.

    Tim Ramsey

Tinggalkan Balasan

